Senin, 11 Maret 2019

Penelitian Kualitatif Pendekatan Naratif


Hay guys, hari ini gw mau nulis tentang Penelitian Naratif nih.!!
 buat kalian yang masih awam nih gw bakalan kasih tau kalian tentang pengertian penelitian naratif, , jenis-jenis penelitian naratif,dan karakteristik kunci penulisan penelitian naratif ☺
okey guys, silakan membaca☺☺☺☺☺☺☺☺

1.  Definisi Penelitian Naratif
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, narasi memiliki arti pengisahan suatu cerita atau kejadian yang disusun berdasarkan urutan waktu.Sedangkan naratif memiliki arti bersifat menguraikan atau menjelaskan. Sehingga kata naratif lebih cocok digunakan untuk menjelaskan suatu metode penelitian. Penelitian naratif adalah laporan bersifat narasi yang menceritakan urutan peristiwa secara terperinci. Dalam desain penelitian naratif, penelitian menggambarkan kehidupan individu, mengumpulkan cerita tentang kehidupan orang-orang, dan menuliskan cerita pengalaman individu (Clandinim,2007).
 Menurut Webster dan Metrova (2007), narasi (narrative) adalah suatu metode penelitian didalam ilmu-ilmu sosial. Inti dari metode ini adalah kemampuannya untuk memahami identitas dan pandangan dunia seseorang dengan mengacu pada cerita-cerita (narasi) yang ia dengarkan ataupun tuturkan didalam aktivitasnya sehari-hari. Dengan demikian penelitian naratif dapat diartikan sebagai studi tentang cerita yang menceritakan dan menjelaskan suatu kejadian yang menjadi ousat perhatian penelitiberdasarkan urutan waktu tertentu secara rinci. Cerita ditulis melalui proses mendengarkan dari orang lain atau bertemu secara langsung dengan informan melalui wawancara. Sebagai suatu bentuk khas dari penelitian kualitatif, penelitian naratif biasanya berfokus pada studi satu orang atau individu tunggal dan bagaimana individu itu memberikan makna terhadap pengalamannya melalui cerita-cerita yang disampaikan, pengumpulan data dengan cara mengumpulkan cerita, pelaporan pengalaman individu dan membahas arti pengalaman itu bagi individu (Cresswell,2012). Penelitian naratif memiliki hubungan yang dekat antara peneliti dan partisipan. hal ini dikarenakan partisipan memberikan informasi secara mendetail dan peneliti mendengarkan serta melaporkan kembali cerita atau informasi tersebut.
2. Jenis-Jenis Penelitian Naratif .
Menurut POlkinghorne ada dua pendekatan yang bisa diambil yaitu pendekatan dengan membedakan anatara analisis narasi dan analisis naratif  dapat dipahami juga dengan narasi sebagai data: data sebagai narasi. Adapun jenis narasi (narrative) dapat dilihat dengan mengetahui pendekatan apa yang digunakan :

  1. Analisis Narasi adalah sebuah paradigma dengan cara berpikir untuk membuat deskripsi tema yang tertulis dalam cerita atau taksonomi.
  2. Analisis Naratif adalah sebuah paradigma dengan mengumpulkan deskripsi peristiwa atau kejadian dan kemudian menyusunya menjadi cerita dengan menggunakan alur cerita.
dari kedua pendekatan tersebut pendekatan kedua adalah untuk menekankan berbagai bentuk yang ditemukan pada praktek penelitian naratif. Misalnya : sebuah otobiografi, biografi, dokumen pribadi, riwayat hidup, person accounts, etnobiografi, otoenografi. Jika penelitian merencanakan melakukan studi naratif, maka perlu mempertimbangkan jenis studi naratif apa yang akan dilakuakan.
Menurut Cresswell, untuk mengetahui jenis naratif apa yang akandigunakan memang penting, tetapi yang lebih penting adalah mengetahuikarakteristik esensial dari tiap-tiap jenis. Lima pertanyaan berikut ini yangakan membantu dalam menentukan jenis penelitian naratif, yaitu:
1.Siapa yang menulis atau mencatat cerita?Menentukan siapa yang menulis dan mencatat cerita individu adalah perbedaan mendasar dalam penelitian naratif. Contohnya dalammelakukan penelitian naratif jenis biografi dan autobiografi. Keduanyamemiliki perbedaan dalam hal siapa yang menjadi penulis cerita.
2.Berapa banyak dari suatu kehidupan yang dicatat dan disajikan?Riwayat hidup adalah suatu naratif dari keseluruhan pengalaman hidupseseorang. Fokusnya sering meliputi titik balik atau peristiwa pentingdalam kehidupan individu. Dalam pendidikan, studi naratif secara khusustidak meliputi laporan dari suatu keseluruhan kehidupan tetapi malah berfokus pada suatu bagian atau peristiwa tunggal dalam kehidupanindividu.
3.Siapa yang memberikan cerita?Faktor ini secara khusus relevan dalam pendidikan, dimana tipe pendidikatau tenaga pendidik menjadi fokus dalam beberapa studi naratif. Sebagaicontoh, naratif guru merupakan
 personal account 
 guru tentang pengalamannya di dalam kelas. Studi naratif yang lain berfokus pada siswadi dalam kelas. Beberapa individu yang lain dalam latar pendidikan dapatmemberikan cerita, misalnya tenaga administrasi, pramusaji, tukang kebundan tenaga kependidikan yang lain.
4. Apakah suatu pandangan teoretis digunakan? Suatu pandngan teoretis dalam penelitian naratif adalah pedoman perspektif atau ideologi yang memberikan kerangka untuk menyokong dan menulis laporan. Pandangan teoritis untuk Amerika latin menggunakan pandangan "testimonios",untuk cerirta tentang wanita menggunkan perspektif "feminist". 
5. Dapatkah bentuk naratif dikombinasiakan ? suatau studi naratif mungkin berupa biografi karena peneliti menulis dan melaporkan tentang partisispasi dalam penelitiannya. Penelitian juga dapat berfokus pada suatu studi pribadi dari seorang guru. Hal ini dapat menunjukkan suatu peristiwa dalam kehidupan seorang guru, misalnya pemecatan guru dari sekolah, menghasilkan suatu naratif pribadi. Jika individunya seorang wanita peneliti akan menggunakan perpektif teoretis "feminist" untuk menguji kekuatan dan mengontrol masalahnya. pada akhirnya menghasilkan suatu naratif dari kombinasi beberapa unsur yang berbeda yaitu gabungan dari biografi personal account, cerita guru dan perspektif "feminist".
3. Karakteristik Kunci Penelitian Narasi
  1. Penelitian Narasi berfokus pada pengalaman individu dan kronologi mereka.
  2. Penelitian Narasi menggunakan teknik restorying untuk membangun account narasi berdasarkan data yang dikumpulkan melalui wawancara.
  3. Penelitian Narasi menggabungkan konteks dan tempat dalam cerita.
  4. Pembangunan Narasi selalu melibatkan menanggapi pertanyaan, "Lalu apa yang terjadi? " (James Schreiber dan Kimberly Asner-Self,2011)


selamat membaca☝☝☝☝ guys,semoga bermanfaat ☺☺☺☺❤❤❤

by : ani anggraini☺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembukaan Magister Ilmu Komunikasi STISIPOL CANDRADIMUKA PALEMBANG

          Menginjak usia 51 tahun, STISIPOL Candradimuka Palembang melakukan terobosan baru. Yakni, dengan membuka Program Studi (Prodi) ...