Selasa, 12 Maret 2019

Penelitian Kualitatif Metode Agenda Setting

A. Pengertian Agenda Setting


             Agenda setting adalah upaya media untuk membuat pemberitaannya tidak semata-mata menjadi saluran isu dan peristiwa. Ada strategi, ada kerangka yang dimainkan media sehingga pemberitaan mempunyai nilai lebih terhadap persoalan yang muncul. Idealnya, media tak sekedar menjadi sumber informasi bagi publik. Namun juga memerankan fungsi untuk mampu membangun opini publik secara kontinyu tentang persoalan tertentu, menggerakkan publik untuk memikirkan satu persoalan secara serius, serta mempengaruhi keputusan para pengambil kebijakan. Di sinilah kita membayangkan fungsi media sebagai institusi sosial yang tidak melihat publik semata-mata sebagai konsumen.
            Dan Agenda Setting Theory adalah teori yang menyatakan bahwa media massa merupakan pusat penentuan kebenaran dengan kemampuan media massa untuk mentransfer dua elemen yaitu kesadaran dan informasi ke dalam agenda publik dengan mengarahkan kesadaran publik serta perhatiannya kepada isu-isu yang dianggap penting oleh media massa.

B. Efek Agenda Setting
           McQuail dalam bukunya Mcquail's Mass Communication Theory (2011:277)
menyebutkan bahwa efek agenda-setting tidaklah berbeda dari sebagian besar efek yang diketahui, mereka juga penting dalam faktor kombinasi yang tepat sehubungan dengan topik, jenis media, dan konteks yang lebih besar. 
           Sebagian besar dari 50 hasil penelitian tentang agenda setting menekankan pada pengukuran efek dari agenda media atau opini publik. Dari sebagian penelitian didapatkan hasil bahwa agendasetting media tidak sekedar mempengaruhi opini tetapi juga mempengaruhi perilaku khalayak.
Prediksi yang dilakukan bahwa efek yang ditimbulkan oleh media cetak tradisional lebih efektif dibandingkan dengan jenis media elektronik kontemporer. Para peneliti menemukan bahwa dengan memberikan lebih banyak pilihan isi dan kontrol terhadap terpaan media, teknologi baru akan memberikan kesempatan untuk membuat lingkungan informasi yang individual. Hal tersebut bisa dilakukan dari pada harus dengan ekstrim menutup semua akses informasi dari pusat penyiaran publik dalam masyarakat.
Efek dari model agenda setting terdiri dari efek langsung dan efek lanjutan.

  • Efek langsung berkaitan dengan isu, apakah suatu isu ada tidak ada dalam agenda khalayak dari semua isu, mana yang dianggap paling penting menurut khalayak.
  • Efek lanjutan merupakan sebuah persepsi (pengetahuan mengenai peristiwa tertentu) atau tindakan seperti memilih kontestan pemilu atau aksi protes (Elvinaro,2007:77).
C. Fungsi Agenda Setting
             Stephen W. Littlejohn & Karen Foss (2005:280) dalam bukunya Theories of Human Communication mengutip Rogers & Dearing mengatakan bahwa fungsi agenda setting merupakan proses linearyang terdiri dari tiga bagian, yaitu :

  1. Agenda Media, Prioritas masalah-masalah yang harus dibahas dalam media harus ditentukan .
  2. Agenda Publik Mempengaruhi atau berinteraksi dengan agenda publik atau kepentingan isu tertentu bagi publik. Pernyataan ini munculkan pertanyaan, seberapa besar kekuatan media mampu mempengaruhi agenda publik dan bagaimana publik itu melakukannya.
  3. Agenda Kebijakan Publik Apa yang dipikirkan para pembuat kebijakan publik dan privat penting atau pembuatan kebijakan publik yang dianggap penting oleh publik.
Pemberitaan suatu masalah atau peristiwa saat diterima indivindu berdasarkan apa yang dilihat, timbul suatu pemikiran aktif dalam diri indivindu tersebut. Selama proses berlangsung, indivindu mengevaluasi pesan yang diterimanya berdasarkan pengetahuan dan sikap yang dimiliki sebelumnya, dan pada akhirnya akan terjadi perubahan atau terbentuknya sikap yang baru terhadap isu atau berita yang disampaikan oleh media. Efek media massa diukur dengan membandingkan dua pengukuran yaitu agenda media dan agenda khalayak.



By : ani anggraini ☺☺☝☝☝❤❤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembukaan Magister Ilmu Komunikasi STISIPOL CANDRADIMUKA PALEMBANG

          Menginjak usia 51 tahun, STISIPOL Candradimuka Palembang melakukan terobosan baru. Yakni, dengan membuka Program Studi (Prodi) ...